Rabu, 04 April 2012

Apa Itu Pertumbuhan Ekonomi...??????

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan peningkatan Produk Domestik Bruto(PDB) dari masyarakat suatu negara. Pertum- buhan ekonomi terjadi jika ada kenaikan PDB dari tahun sebelumnya dengan mengabaikan pertumbuhan penduduk negara. Jadi pertumbuhan ekonomi adalah suatu kenaikan yang mengindikasikan terjadinya kenaikan PDB suatu negara tanpa memandang apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk negara tersebut. Ini bukan berarti pertumbuhan penduduk tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, seperti teori yang telah kita ketahui penduduk suatu negara dapat menjadi faktor penghambat dan pendorong pembangunaan ekonomi negara tersebut.  Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melewati tahap-tahap tertentu sebelum mencapai tingkat yang tertinggi. Berbicara masalah kesejahteraan tentunya tidak terlepas dari laju pertumbuhan penduduk yang dapat mempengaruhi perndapatan per-kapita yang menjadi tolak ukur kesejahteraan penduduk suatu negara. Pembangunan ekonomi adalah sarana untuk meningkatkan produksi masyarakat sehingga dengan meningkatnya produksi masyarakat akan semakin meningkat pula pendapatan nasional. Semakin besar pendapatan nasional semakin besar pertumbuhan ekonomi.
Produksi masyarakat dapat dirangsang melalui berbagai kebijakan pemerintah baik dibidang fiskal maupun moneter. Sehingga diharapkan peningkatan produksi tersebut dapat meningkatkan harga faktor-faktor produksi dan mendorong investasi serta menyerap tenaga kerja baru dan akhirnya pendapatan yang diperoleh masyarakat juga ikut meningkat. Akan tetapi peningkatan pendapatan masyarakat akan menyebabkan prilaku masyarakat cenderung lebih konsumtif. Disamping keadaan tersebut akan menyebabkan kenaikan harga-harga atau inflasi karena permintaaan barang dan jasa yang tinggi, tuntutan para pekerja untuk mendapatkan upah atau gaji yang lebih tinggi juga akan menyebabkan biaya produksi semakin tinggi dan para pengusaha yang tidak ingin kehilangan keuntunganya kembali akan menaikan harga barang dan jasa yang dihasilkan. Disinilah peran pemerintah dalam stabilitas pertumbuhan ekonomi yang kembali dapat dilakukan melalui kebijakan fiskal dan moneter. Bagi negara berkembang seperti Indonesia pertumbuhan ekonomi yang berarti perluasan kegiatan ekonomi adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan penghasilan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru. Sementara itu, stabilitas ekonomi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi agar penghasilan masyarakat yang diupayakan meningkat tidak digrogoti oleh kenaikan harga. Sebab pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja tidak ada gunanya apabilah tingkat inflasi yang ditimbulkan juga tinggi. Maka diupayakan pertumbuhan ekonomi setinggi mungkin dan inflasi yang ditimbulkan serendah mungkin.
Di zaman globalisasi seperti saat ini, persaingan produk begitu ketat. Masyarakat ditawarkan berbagai macam merk  produk yang sejenis baik produk domestik maupun produk yang diasilkan oleh negara lain. Apabilah produk luar negari lebih diminati oleh masyarakat kita, tentunya nasib produk dalam negeri kedepanya akan terpuruk akibat kalah dalam persaingan pasar. Untuk mengatasi hal ini disamping terus mengupayakan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan dengan melakukan pelatihan dan pendidikan juga diperlukan beberapa kebijakan-kebijakan khusus untuk menekan melambungnya biaya produksi yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketersediaan bahan baku, sumber energi, tuntutan upah para  pekerja, infrastruktur dan sebagainya agar harga produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk luar negeri yang dikenal lebih murah. Namun hal tersebut belum cukup untuk   membuat produk domestik menang dalam persaingan bebas khususnya dipasar domestik.
Pola hidup masyarakat kita yang lebih tertarik dengan produk buatan luar negeri juga harus dirubah karena hal tesebut dapat mempengaruhi produksi masyarakat atas permintaan barang atau jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat indonesia yang baik dan  sedikit banyak telah mengetahui masalah-masalah tersebut untuk lebih mencintai produk-produk negara kita terlebih lagi akan lebih baik apabilah kita mampu mensosialisasikan arti pentingnya penggunaan produk dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi negara kita kepada masyarakat umum. Sebab penggunaan produk dalam negeri dapat mendorong pengusaha menigkatkan produksi barang/jasa dalam negeri seperti yang telah saya uraikan sebelumnya produksi masyarakat yang meningkat disamping dapat meningkatkan harga barang-barang modal juga akan menyerap tenaga kerja baru yang artinya pendapatan masyarakat  meningkat, jika pendapatan masyarakat meningkat maka pendapatan nasional ikut meningkat jika pendapatan nasional meningkat maka pertumbuhan ekonomi juga meningkat. Dengan kata  lain apabilah kita terus menggunakan atau mengkonsumsi produk buatan negara kita secara tidak langsung kita telah memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi negara kita ini dimasa yang akan datang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar